JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

PENGEMBANGAN MODUL BAHASA PEMROGRAMAN GUI MATLAB UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN MODUL BAHASA PEMROGRAMAN GUI MATLAB UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
Volume 8 - No 2
Tahun Publikasi: September 2018
Octavina Rizky Utami Putri
Download Artikel

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan proses menghasilkan modul Bahasa Pemrograman GUI Matlab yang valid, praktis, dan efektif untuk mahasiswa Pendidikan Matematika. Prosedur penelitian ini yaitu penelitian pendahuluan, pembuatan prototipe, dan asesmen. Validasi dilakukan pada modul, RPP, dan instrumen. Uji kepraktisan dilakukan dengan menganalisis hasil observasi aktivitas mahasiswa dan angket respon mahasiswa. Keefektifan dilakukan dengan menganalisis tugas akhir media pembelajaran matematika mahasiswa. Modul dikembangkan berdasarkan kebutuhan modul Bahasa Pemrograman dalam pembelajaran di laboratorium. Karakteristik modul yaitu memuat contoh dan latihan pemrograman sesuai dengan materi matematika, agar dapat membantu mahasiswa dalam membuat media pembelajaran matematika SMP/SMA. Materi tersebut meliputi Bangun Datar dan Ruang, SPLDV, Barisan dan Deret, serta Statistika. Modul ini dinyatakan valid oleh validator. Hasil observasi aktivitas mahasiswa masuk kategori baik serta mendapat respon positif dari mahasiswa. 84,27% mahasiswa dapat membuat media pembelajaran matematika dengan baik dan 2,25% sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, modul ini valid, praktis, dan efektif. 

Keyword

Bahasa Pemrograman, GUI Matlab, Modul
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak